Merencanakan Project Baru dengan MS Project 2007


Untuk membuat atau menyusun suatu proyek sederhana menggunakan Microsoft Project Professional 2007, Anda harus menjalankan aplikasi ini dari komputer Desktop atau Laptop. Bisa juga dijalankan di komputer server, tetapi aplikasinya tetap harus Microsoft Project Professional 2007.

Nama proyek yang akan Anda buat namanya bebas sesuai keinginan Anda. Sebagai contoh, nama proyek adalah DEMO. Tujuannya supaya mudah diingat dan tidak terlalu panjang.
Sebelum mulai menjalankan Microsoft Project Professional 2007, Anda harus mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perencanaan suatu proyek, misalnya data-data yang akan digunakan. Sehingga pada saat akan memasukkan data ke dalam tabel yang ada di Microsoft Project Professional 2007 tidak akan kesulitan.
Menyusun dan Merencanakan Pproyek Baru
Untuk membuat proyek baru, umumnya para perencana proyek akan menyusun jadwal kapan proyek tersebut dimulai dan kapan akan berakhir. Jika tidak ditentukan kapan dimulainya suatu proyek akan kesulitan saat proyek tersebut akan dimulai atau dilaksanakan. Oleh karena itu penentukan jadwal dimulai suatu proyek merupakan keharusan.
Dalam Microsoft Project 2007, Anda hanya bisa memilih atau menentukan kapan dimulai suatu proyek. Jika Anda memilih kapan dimulainya (start) suatu proyek, maka Anda tidak perlu menentukan kapan berakhirnya proyek tersebut, karena secara otomatis akan ditentukan oleh Microsoft Project 2007. Begitu juga jika Anda menentukan berakhirnya suatu proyek, maka Anda tidak perlu menentukan kapan dimulainya atau start-nya suatu proyek. Jadi dalam hal ini Anda cukup menentukan satu pilihan saja, Start Date atau Finish Date.
Untuk menentukan dimulainya suatu proyek yang menjadi dasar dalam Microsoft Project Professional 2007 adalah tanggal. Untuk jelasnya Anda masuk ke Microsoft Project Professional 2007. Langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
Jalankan Microsoft Project Professional 2007 sehingga akan tampil jendela awal Microsoft Project 2007. Untuk menentukan tanggal dimulainya suatu proyek klik menu Project, lalu klik Project Information. Setelah itu segera tampil kotak dialog Project Information. Tentukan tanggal dimulainya proyek Anda.
Dalam lembar kerja tersebut terdapat beberapa area yang digunakan untuk menyusun dan mengelola suatu proyek. Yang paling utama dalam tabel di atas adalah Gantt Table. Di mana dalam Gantt Table ini terdapat beberapa kolom yang bisa digunakan untuk menyusun, mendefinisikan, menentukan jumlah hari di setiap task, menentukan tanggal dimulainya suatu task, menentukan tanggal berakhirnya suatu task, dan sebagainya. Untuk jelasnya kolom-kolom tersebut adalah:
  • Task name, digunakan untuk menyusun atau memasukan nama atau uraian suatu task atau sub task
  • Duration, digunakan untuk menentukan jumlah hari dalam setiap task atau sub task
  • Start, digunakan untuk menentukan tanggal dimulainya suatu kegiatan dalam task dan sub task
  • Finish, digunakan untuk menentukan tanggal berakhirnya suatu task atau sub task

1 komentar:

Terimakasih sudah berbagi mengenai info ms project | salam kenal dan sukses selalu

 

Posting Komentar